FGD 2016 : Berkumpul untuk Merangkul

Oleh Rezky Firmansyah (Gen 12)

109658
Panitia penyelanggara FGD 2016

Pada tanggal 9 – 10 Juli 2016, selama dua hari usai lebaran, IKA Plus Propinsi Riau mengadakan Family Gathering Day 2016 . Ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan IKA Plus sebagai momentum untuk mempertemukan dan meningkatkan silaturahim antar-alumni.

Tema yang diangkat pada tahun ini adalah Berkumpul untuk Merangkul. Tema ini dipilih dengan harapan dapat merangkul seluruh alumni yang sudah berpencar jauh di penjuru negeri, bahkan hingga di luar negeri.

Hari pertama, Sabtu tanggal 9 Juli 2016, dimulai dengan acara futsal antar-generasi. Turnamen futsal ini dihadiri oleh seluruh perwakilan generasi, dari generasi 1 hingga 16 ditambah keikutsertaan siswa SMAN Plus. Tingkat keikutsertaan alumni tahun ini lebih ramai dibandingkan tahun sebelumnya. Pertandingan futsal berlangsung antusias, di mana hampir semua generasi (kecuali generasi 4, 13 dan 15) mengutus tim futsal mereka untuk ikut bertanding. Acara yang diadakan di Delima Futsal ini dimulai dari pukul 9 pagi hingga 6 sore.

Turnamen futsal IKA Plus Cup berakhir dengan 3 juara dan 1 top skor.
● Juara 1, generasi 8
● Juara 2, generasi 3
● Juara 3, generasi 9
● Top skor, Fitra Lestari dari generasi 3

2016-07-09-photo-00034702
Foto bersama Gen3, Juara 2 Futsal dan Fitra sebagai pencetak top skor

Di hari kedua, Minggu tanggal 10 Juli 2016, diadakan temu alumni dengan kegiatan utamanya adalah outbond. Acara dimulai dengan registrasi pada pukul 10 pagi, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dan sharing pengalaman dari alumni. Acara yang dibawakan oleh Ricky Musliadi (Generasi 11) dan Dedek Apriono (Generasi 3) berlangsung santai dan menarik.

Sebelum sholat zuhur, kegiatan diselingi dengan lustrum atau peringatan hari jadi yang ke 5. Generasi yang memperingati lustrum pada tahun ini adalah generasi 1 lustrum 3, generasi 6 lustrum 2 dan generasi 11 lustrum 1.

Kejadian yang menarik adalah ketika makan siang, di mana tanpa ada koordinasi sebelumnya, secara spontan alumni memenuhi rumah makan untuk mengenang kembali prosesi makan ala SMAN Plus. Kegiatan pun berlangsung secara hikmat dan kekeluargaan.

Setelah makan siang, sekitar pukul 13.30, kegiatan outbond pun dimulai, dipandu kembali oleh duo MC hari itu ditambah dengan Dana Aswara (Generasi 12). Panitia sedikit kewalahan karena minimnya alumni yang ingin ikut dengan berbagai alasan. Untung saja ada ide unik dengan megajak siswa baru untuk bermain bersama. Ide ini pun semakin menguatkan tema Berkumpul untuk Merangkul. Bukan hanya sesama alumni, melainkan juga antar siswa baru dan alumni.

109660
Lomba gigit sendok

Rangkaian outbond dimulai dari lomba gigit sendok, memasukkan paku dalam botol, menggiring balon, lomba makan, dan diakhiri dengan tarik tambang di lapangan sepakbola. Outbond berakhir sekitar pukul 4 sore dan hadiah langsung diberikan kepada masing-masing juara.

Secara umum, kegiatan berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Alumni dan siswa telah berkumpul dan merangkul lintas-generasi walaupun tidak bertemu di masa yang sama di sekolah.

Semoga ke depannya alumni dapat berkumpul untuk merangkul kembali. Merangkul dari berbagai kesempatan yang ada. Apakah itu kegiatan alumni, meet up santai, ataupun kesempatan bisnis dan karir.

Maju SMAN Plus, Jaya Propinsi Riau, Jaya Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *